JUAL KORSET UNTUK PENDERITA HNP


Apa sih korset HNP itu? Sebenarnya korset HNP itu sama dengan korset lumbal yang lain. Secara umum, fungsinya untuk mengurangi keluhan nyeri pinggang dengan memberikan srabilitas kepada tulang belakang. Kalau diperjelas sebenarnya korset HNP itu adalah korset untuk penderita HNP. Namun, ªϑª baiknya dalam kesempatan ini kita membahas apa manfaat korset untuk penderita nyeri pinggang HNP ?

OK! Korset HNP kita bahas nanti, sekarang mari kita memahami dulu apa itu HNP. HNP adalah akronim dari Hernia Nucleus Pulposus. Hernia Nucleus Pulposus merupakan keadaan dimana bantalan antar sendi tulang belakang mengalami kerusakan. Bantalan antar sendi tulang belakang tersebut berbentuk seperti lempengan cakram, dimana materialnya terbuat dari semacam gell di intinya (nucleus pulposus) dan terbungkus oleh selaput (anulus fibrosus). Tepatnya kerusakan terjadi pada anulus fibrosusnya aus atau robek, sehingga nucleus pulposus yang berbentuk seperti gell tersebut keluar menonjol keluar dan menekan saraf di kanan-kirinya. Karena sarag tersebut keluar dari tulang belakang dan berjalan menuju tungkai , maka tanda-tanda penyakit HNP adalah nyeri pinggang yang menjalar hingga ke tungkai, bisa pula disertai rasa kesemutan atau sensasi seperti terbakar. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat gambar ilustrasi di bawah ini, sebelum membahas fungsi atau manfaat dari korset HNP.

sakit pinggang hnp, korset hnp

Faktor mekanika tubuh berupa gerakan pada tulang belakang sangat mempengaruhi HNP. Dokter atau fisioterapis akan menyarankan anda untuk menghindari gerakan membungkuk saat mengambil barang dari lantai, atau gerakan memutar tulang belakang. Gerakan tersebut dapat memicu dan memperparah gejala nyeri pinggang HNP. Jika Anda menderita HNP dan berkunjung ke fisioterapi, Anda akan diajarkan beberapa exercise (senam) dan gerakan-gerakan tertentu yang tujuannya untuk mengembalikan nucleus pulposus ke intinya (disebut dengan mckenzie exercise) dan meningkatkan stabilisas tulang belakang. Untuk menghindari gerakan ekstrem dari tulang belakang yang dapat memperparah gejala HNP , fisioterapis biasanya menyarankan untuk menggunakan korset HNP.

Korset HNP yang tak lain adalah korset lumbal itu , selain berfungsi untuk menjaga stabilitas tulang belakang, juga berguna untuk koreksi postur, agar tidak membungkuk. Oleh karenanya korset ini juga biasa disebut dengan korset penegak tulang belakang.

Memang tidak semua kasus HNP bisa sembuh dengan tuntas, HNP yang parah memang memerlukan operasi-namun hanya sebagian kecil. Setelah operasi HNP dokter orthopedi akan menganjurkan Anda menggunakan korset HNP tadi (korset lumbal red) untuk menjaga stabilitas tulang belakang sembari menunggu kekuatan otot-otot perut dan pinggang pulih dengan exercise yang diberikan oleh fisioterapis.

Oh ya, penggunaan korset HNP ini tidak berarti mengesampingkan program penguatan dan latihan yang dirancang oleh fisioterapis Anda. Jadi tidak benar apabila ªϑª anggapan bahwa korset dapat menggantikan sama sekali pengobatan HNP oleh tenaga kesehatan. Semua harus berjalan bersamaan.

Memang tidak semua toko menjual korset HNP. Korset HNP dibuat oleh ahli orthotik prostetik dengan desain khusus. Di toko online kami Anda dapat membeli korset HNP produk lokal dan produk impor. Konsultasikan dengan kami korset yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Kami akan membantu memilihkan yang sesui, termasuk memandu Anda bagaimana cara menentukan ukuran korset





Share This
Dapatkan Korset NMC-02 , Beli Sekarang !